Integrasi Nilai-Nilai Qurani dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Islam

Authors

  • Ustadzah Rina Fauziah, S.Pd.I., M.Pd Pelita Hati Islamic School, Bogor, Indonesia

Keywords:

integrasi nilai Qurani, pembelajaran tematik, sekolah dasar Islam, pendidikan karakter, Al-Qur'an

Abstract

Penanaman nilai-nilai Qurani sejak dini merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter Islami pada peserta didik. Artikel ini membahas bagaimana integrasi nilai-nilai Al-Qur'an dapat diterapkan secara efektif dalam pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang memadukan nilai-nilai Qurani ke dalam tema-tema pembelajaran sesuai kurikulum. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengintegrasian nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, kasih sayang, dan tawakal dapat dilakukan melalui pemilihan materi ajar yang kontekstual dan pendekatan pembelajaran yang aktif serta kolaboratif. Guru memiliki peran sentral sebagai fasilitator yang menanamkan makna nilai Qurani melalui contoh nyata dan kegiatan reflektif. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan guru serta pengembangan perangkat ajar berbasis nilai untuk mengoptimalkan proses pendidikan karakter Islami di sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-05-06