Pengaruh Metode Storytelling terhadap Pembentukan Karakter Islami pada Anak Usia Dini

Authors

  • Luluk Maulidiyah, M.Pd.AUD Pelita Hati Islamic School, Bogor, Indonesia

Keywords:

storytelling, karakter Islami, anak usia dini, pendidikan Islam, nilai akhlak

Abstract

Pembentukan karakter Islami pada anak usia dini merupakan aspek fundamental dalam pendidikan Islam, karena masa ini merupakan fase emas perkembangan nilai dan kepribadian. Artikel ini mengeksplorasi pengaruh metode storytelling atau bercerita sebagai pendekatan pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai akhlak Islami pada anak. Melalui studi kualitatif dengan observasi dan wawancara di beberapa lembaga PAUD Islam, ditemukan bahwa metode storytelling mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep-konsep seperti kejujuran, empati, kesabaran, dan rasa tanggung jawab. Cerita-cerita Islami yang disampaikan dengan gaya interaktif dan emosional terbukti efektif dalam menarik perhatian dan memperkuat ingatan anak terhadap pesan moral yang disampaikan. Selain itu, keterlibatan guru dan konsistensi narasi juga berpengaruh terhadap internalisasi nilai. Temuan ini menegaskan bahwa storytelling adalah metode yang tepat dalam membentuk karakter Islami secara menyenangkan dan bermakna sejak usia dini.

Diterbitkan

2025-05-06