Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Pendekatan Proyek di Sekolah Islam

Authors

  • Ahmad Yusran, M.Pd.I Pelita Hati Islamic School, Bogor, Indonesia

Keywords:

pembelajaran akidah akhlak, pendekatan proyek, pendidikan Islam, internalisasi nilai, project-based learning

Abstract

Pembelajaran Akidah Akhlak di sekolah Islam memiliki peran penting dalam membentuk keimanan dan kepribadian peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai akidah dan akhlak. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen pada siswa kelas V di salah satu sekolah Islam, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan proyek mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta memperkuat pengalaman spiritual dan sosial. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proyek menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek pemahaman materi dan penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan proyek merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan pendidikan akidah akhlak yang aplikatif dan kontekstual.

Diterbitkan

2025-05-06