Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Pendekatan Proyek di Sekolah Islam
Diterbitkan
2025-05-06
Issue
Section
Articles
Pembelajaran Akidah Akhlak di sekolah Islam memiliki peran penting dalam membentuk keimanan dan kepribadian peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dalam meningkatkan pemahaman dan internalisasi nilai-nilai akidah dan akhlak. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen pada siswa kelas V di salah satu sekolah Islam, penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan proyek mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta memperkuat pengalaman spiritual dan sosial. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan proyek menunjukkan peningkatan signifikan dalam aspek pemahaman materi dan penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan proyek merupakan strategi pembelajaran yang efektif dalam mengembangkan pendidikan akidah akhlak yang aplikatif dan kontekstual.
Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Yayasan Pelita Hati . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Alamat: Cluster Rukan Food Plaza - Grand Cibubur Country | Cikeas - Gunung putri - Bogor - Jawa Barat
Telp. 021-8203004 / 0812 1276 2323