Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Pelajaran Fiqih
Diterbitkan
2025-05-06
Issue
Section
Articles
Pembelajaran Fiqih sebagai bagian dari kurikulum pendidikan Islam memerlukan pendekatan yang mampu mengembangkan pemahaman konsep sekaligus keterampilan berpikir kritis peserta didik. Artikel ini mengulas penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL) dalam pelajaran Fiqih di tingkat sekolah menengah Islam. Melalui metode studi lapangan dan analisis kualitatif, penelitian ini mengevaluasi efektivitas PBL dalam meningkatkan keterlibatan siswa, kemampuan memecahkan masalah hukum Islam, dan penguatan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan PBL mendorong siswa untuk berpikir logis, menelaah dalil, berdiskusi, dan merumuskan solusi berdasarkan prinsip-prinsip fiqih. Selain itu, model ini juga menciptakan suasana belajar yang kolaboratif dan bermakna. Dengan demikian, PBL terbukti relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran Fiqih guna mencetak generasi yang paham agama secara kritis dan kontekstual.
At-Tarbiyah Pelita Hati: Jurnal Pendidikan Islam Modern adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Yayasan Pelita Hati . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Alamat: Cluster Rukan Food Plaza - Grand Cibubur Country | Cikeas - Gunung putri - Bogor - Jawa Barat
Telp. 021-8203004 / 0812 1276 2323