Integrasi Sains dan Pendidikan Islam: Menyatukan Pengetahuan dan Spiritualitas

Authors

  • Muhammad Rizqi Al-Fikri, S.Si., M.Pd. Pelita Hati Islamic School, Bogor, Indonesia

Keywords:

pembelajaran aktif, Pendidikan Agama Islam, anak SD, metode pembelajaran, internalisasi nilai Islam

Abstract

Dikotomi antara ilmu sains dan pendidikan agama masih menjadi tantangan dalam sistem pendidikan Islam kontemporer. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan praktik integrasi antara sains dan pendidikan Islam sebagai upaya menyatukan pengetahuan rasional dengan spiritualitas keislaman. Dengan pendekatan studi kepustakaan dan observasi pada sekolah Islam terpadu, penelitian ini menemukan bahwa integrasi sains dan nilai-nilai Islam dapat diwujudkan melalui desain kurikulum yang holistik, metode pembelajaran kontekstual, dan penguatan kesadaran tauhid dalam memahami fenomena alam. Integrasi ini tidak hanya memperkuat pemahaman siswa terhadap ilmu pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan sikap ilmiah yang dilandasi nilai ketauhidan, tanggung jawab, dan rasa syukur kepada Allah SWT. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan integratif mampu membentuk generasi muslim yang cerdas secara intelektual sekaligus kokoh dalam spiritualitas.

Diterbitkan

2025-05-06