Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal akses terbuka dan telah melalui proses peer-review yang menerbitkan artikel ilmiah seputar pendidikan Islam anak usia sekolah dasar. Fokus utama jurnal ini adalah kajian teori dan praktik pendidikan Islam yang diterapkan pada jenjang SD dengan pendekatan yang kontekstual, kreatif, dan berorientasi pada pembentukan karakter.

Jurnal ini mendorong kontribusi akademik dari berbagai latar belakang keilmuan yang berkaitan dengan pengembangan anak, pendidikan Islam, serta integrasi nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran dasar. Pendekatan interdisipliner sangat diapresiasi, terutama yang mengaitkan aspek keagamaan, psikologi anak, kurikulum pendidikan dasar, dan teknologi pembelajaran Islami.

Topik-topik utama yang menjadi cakupan jurnal ini antara lain (namun tidak terbatas pada):

  • Pendidikan Agama Islam untuk SD
  • Pembelajaran Akhlak dan Karakter
  • Media dan Metode Kreatif dalam Pendidikan Islam
  • Doa dan Ibadah Sehari-hari Anak
  • Kurikulum PAI berbasis Nilai
  • Psikologi Perkembangan Anak Muslim
  • Pendidikan Inklusif Berbasis Islam
  • Keluarga dan Peran Orang Tua dalam Pendidikan Islam
  • Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar
  • Kajian Kitab, Sirah Nabi, dan Kisah Islami untuk Anak
  • Literasi Religius Anak
  • Pembelajaran Berbasis Al-Qur'an dan Hadis
  • Pendidikan Multikultural dalam Konteks Islam
  • Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Islam Anak

Selain artikel hasil penelitian, jurnal ini juga menerima laporan kajian kebijakan pendidikan, praktik lapangan, studi kasus, ulasan buku bertema pendidikan Islam anak, dan refleksi pengalaman mengajar.