Proses Review Sejawat
Semua naskah yang dikirimkan ke jurnal ini harus sesuai dengan fokus, ruang lingkup, dan pedoman penulisan jurnal. Naskah yang diajukan harus memuat kontribusi ilmiah, kebaruan gagasan, atau temuan yang relevan dengan bidang pendidikan Islam anak sekolah dasar. Naskah juga harus bebas dari unsur plagiarisme.
Editor akan melakukan pengecekan awal terhadap tingkat kesamaan menggunakan perangkat lunak pendeteksi plagiarisme seperti Turnitin. Jika ditemukan indikasi plagiarisme, naskah akan langsung ditolak atau dikembalikan kepada penulis untuk perbaikan.
Setiap naskah yang lolos pemeriksaan awal akan dikirimkan untuk direview oleh minimal dua orang reviewer ahli secara double-blind review. Reviewer akan memberikan komentar ilmiah yang membangun untuk membantu meningkatkan kualitas naskah.
Keputusan akhir diterima atau ditolak sepenuhnya berada di tangan editor, berdasarkan masukan dari para reviewer. Artikel yang diterima akan dijadwalkan untuk diterbitkan oleh Pemimpin Redaksi dengan mempertimbangkan urutan penerimaan dan distribusi topik serta asal institusi penulis.