Pendekatan Kreatif dalam Mengajarkan Akhlak kepada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Ustadzah Nur A. Siti Pelita Hati Islamic School, Bogor, Indonesia

Keywords:

pendidikan akhlak, pendekatan kreatif, anak sekolah dasar, karakter Islami, metode pembelajaran

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan inti dari pembentukan karakter anak sejak usia dini, terutama pada jenjang sekolah dasar. Artikel ini membahas pentingnya penggunaan pendekatan kreatif dalam proses pembelajaran akhlak agar lebih menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan dunia anak-anak. Dengan memadukan metode bermain, bercerita, simulasi, serta media visual dan digital, guru dapat menyampaikan nilai-nilai moral Islam secara lebih efektif dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didasarkan pada studi pustaka dan observasi terhadap praktik pembelajaran di beberapa sekolah dasar Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kreatif tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akhlak, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif, empati, dan internalisasi nilai dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini merekomendasikan integrasi pendekatan kreatif ke dalam kurikulum PAI sebagai strategi membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara moral dan spiritual.

Diterbitkan

2025-05-06