Pendidikan akhlak merupakan inti dari pembentukan karakter anak sejak usia dini, terutama pada jenjang sekolah dasar. Artikel ini membahas pentingnya penggunaan pendekatan kreatif dalam proses pembelajaran akhlak agar lebih menarik, menyenangkan, dan sesuai dengan dunia anak-anak. Dengan memadukan metode bermain, bercerita, simulasi, serta media visual dan digital, guru dapat menyampaikan nilai-nilai moral Islam secara lebih efektif dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang didasarkan pada studi pustaka dan observasi terhadap praktik pembelajaran di beberapa sekolah dasar Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan kreatif tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akhlak, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif, empati, dan internalisasi nilai dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini merekomendasikan integrasi pendekatan kreatif ke dalam kurikulum PAI sebagai strategi membangun generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga kuat secara moral dan spiritual.
Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Yayasan Pelita Hati . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Alamat: Cluster Rukan Food Plaza - Grand Cibubur Country | Cikeas - Gunung putri - Bogor - Jawa Barat
Telp. 021-8203004 / 0812 1276 2323