Penyusunan kurikulum Pendidikan Islam untuk jenjang sekolah dasar memerlukan pendekatan yang holistik, kontekstual, dan sesuai dengan tahap perkembangan psikologis serta kognitif anak. Artikel ini membahas prinsip-prinsip dasar dalam merancang kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) yang tidak hanya menekankan aspek pengetahuan, tetapi juga pembentukan karakter dan pengalaman keagamaan yang bermakna. Berdasarkan kajian literatur dan analisis kurikulum nasional serta beberapa model kurikulum integratif, artikel ini menawarkan panduan konseptual dalam merancang materi ajar, strategi pembelajaran, serta penilaian yang menumbuhkan keimanan, akhlak mulia, dan kecintaan terhadap ajaran Islam sejak dini. Hasil kajian menekankan pentingnya pengembangan kurikulum yang adaptif, inklusif, dan mampu menanamkan nilai-nilai Islam melalui pendekatan tematik, praktik ibadah, serta integrasi dengan mata pelajaran umum. Artikel ini merekomendasikan keterlibatan aktif guru, orang tua, dan lembaga pendidikan dalam menyusun dan mengimplementasikan kurikulum PAI yang relevan dan berdampak.
Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Yayasan Pelita Hati . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Alamat: Cluster Rukan Food Plaza - Grand Cibubur Country | Cikeas - Gunung putri - Bogor - Jawa Barat
Telp. 021-8203004 / 0812 1276 2323