Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar memerlukan metode yang tidak hanya informatif, tetapi juga mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Artikel ini mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran aktif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai keislaman pada anak usia sekolah dasar. Melalui studi kualitatif yang didasarkan pada observasi kelas, wawancara guru, dan tinjauan pustaka, ditemukan bahwa strategi seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, simulasi ibadah, serta proyek kolaboratif mampu meningkatkan motivasi belajar, interaksi sosial, dan internalisasi ajaran Islam secara lebih mendalam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan aktif membantu anak-anak untuk tidak hanya memahami konsep agama secara teoritis, tetapi juga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini merekomendasikan penerapan pembelajaran aktif secara konsisten dan terstruktur dalam kurikulum PAI di sekolah dasar guna menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan berkarakter Islami.
Jurnal Pendidikan Islami untuk Anak SD adalah jurnal ilmiah yang telah melalui proses peer-review dan diterbitkan oleh Yayasan Pelita Hati . Jurnal ini resmi terdaftar berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-065293.AH.01.30 Tahun 2023.
Alamat: Cluster Rukan Food Plaza - Grand Cibubur Country | Cikeas - Gunung putri - Bogor - Jawa Barat
Telp. 021-8203004 / 0812 1276 2323