Efektivitas Pembelajaran Agama Islam dengan Pendekatan Aktif pada Anak SD

Authors

  • Lailatul Qadr Pelita Hati Islamic School, Bogor, Indonesia

Keywords:

pembelajaran aktif, Pendidikan Agama Islam, anak SD, metode pembelajaran, internalisasi nilai Islam

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dasar memerlukan metode yang tidak hanya informatif, tetapi juga mampu melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar. Artikel ini mengkaji efektivitas pendekatan pembelajaran aktif dalam meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai keislaman pada anak usia sekolah dasar. Melalui studi kualitatif yang didasarkan pada observasi kelas, wawancara guru, dan tinjauan pustaka, ditemukan bahwa strategi seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, simulasi ibadah, serta proyek kolaboratif mampu meningkatkan motivasi belajar, interaksi sosial, dan internalisasi ajaran Islam secara lebih mendalam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan aktif membantu anak-anak untuk tidak hanya memahami konsep agama secara teoritis, tetapi juga mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini merekomendasikan penerapan pembelajaran aktif secara konsisten dan terstruktur dalam kurikulum PAI di sekolah dasar guna menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan berkarakter Islami.

Diterbitkan

2025-05-06